Hellooooo...


glitter-graphics.com

Welcome To My Simple Blog! This is about My SELF! My Special Day! My Crazy story! My Happy story! About MEDICAL and TOURISM ! Enjoy it! :)

Sunday, October 5, 2014

Bronkoskop (Bronchoscope)


Bronkoskopi merupakan teknik visualisasi bagian dalam melewati saluran udara dengan tujuan diagnostik dan terapeutik. Alat yang digunakan dinamakan bronkoskop. Alat ini dimasukkan ke dalam saluran udara, biasanya melalui hidung atau mulut, atau kadang-kadang melalui pita suara, lalu masuk ke trakea. Hal ini memungkinkan mempermudah pemeriksaan saluran udara pasien dengan kelainan seperti adanya benda asing, pendarahan, tumor , atau peradangan yang dapat diambil dari dalam paru-paru. Bronkoskop memiliki dua tipe yaitu kaku (rigid) dan lentur (fleksibel). Penggunaan  bronkoskop kaku hanya bisa dilakukan di ruang operasi dalam anestesi / pembiusan umum, sedangkan  bronkoskop lentur  di kerjakan di ICU atau ruangan endoskopi.

Seorang Jerman yang bernama Gustav Killian , melakukan bronkoskopi pertama pada tahun 1897.  Saat itu beliau menggunakan alat bronkoskop kaku. Bronkoskop kaku terbuat dari tabung logam kaku dengan perangkat pencahayaan yang melekat pada alat serat optik yang fleksibel dengan peralatan video secara realtime. Alat ini pertama kali digunakan  untuk menghapus tulang babi. Prosedur ini dilakukan pada pasien menggunakan kokain topikal sebagai anestesi lokal. Dari era ini sampai tahun 1970-an, bronkoskopi kaku digunakan secara eksklusif.

GUSTAV KILLIAN
BRONKOSKOP KAKU
















Beberapa waktu kemudian,  seorang Jepang, Shigeto Ikeda , menemukan bronkoskop fleksibel pada tahun 1966. Ruang lingkup alat bronkoskopi fleksibel ini awalnya menggunakan serat optic yang membutuhkan sumber cahaya eksternal untuk penerangan. Alat  ini memiliki teropong yang berdiameter luar sekitar 5 mm sampai 6 mm, dengan kemampuan untuk melenturkan 180 derajat dan untuk memperpanjang 120 derajat, yang memungkinkan masuk ke lobar dan segmental bronkus.
Baru-baru ini, lingkup serat optik telah digantikan oleh bronchoscopes dengan charge coupled device (CCD) chip video yang terletak di ujung distal mereka.
SHIGETO IKEDA
BRONKOSKOP LENTUR
           















 Bronkoskop kaku selalu digunakan dalam kamar operasi oleh dokter bedah torak dengan pasien dalam keadaan tidak sadar  dibawah pengaruh anestesi. Bronkoskop kaku lebih besar dibandingkan dengan bronkoskop fleksibel.  Bronkoskoi ini dianggap lebih unggul dibandingkan bronkoskop fleksibel dalam dua kondisi khusus: ketika mengatasi pendarahan dalam paru-paru, dan mengambil benda asing yang tersedot dengan ukuran lebih besar. Hal ini juga memungkinkan untuk penempatan sten bronkus dalam keadaan khusus. Kebanyakan bronkoskop kaku diindikasikan untuk tujuan terapeutik.

Alat Bronkoskop ini juga dapat dikatakan sebagai komputer karena memiliki 4 sifat komputer yaitu :
·         Input
Terdapatnya lensa dan CCD yang dapat merekam gambar serta video pada bagian ujung bronkoskop. Terdapat pula beberapa tombol pada teleskop seperti on/of, pengaturan cahaya, dan tombol untuk merekam atau pun video.

·         Proses
Dapat membaca kedaan saluran pernapasan seperti hidung dan mulut yang mengalami gangguan dan menampilkannya pada layar monitor bronkoskop. Serta dapat memberi perintah melalui tombol-tombol yang ada pada teleskop dan layar.

·         Penyimpanan
Alat ini memiliki memori jangka pendek atau primer storage yang dapat secara langsung menampilkan hasil rekaman pada layar monitor.

·         Output
Pada alat ini memiliki teleskop yang dapat melihat gangguan apa saja yang terdapat dalam saluran pernapasan bagi pengguna serta dapat menampilkan hasil rekaman di layar monitor.

No comments:

Post a Comment